Menjaga diri agar tidak stres

Slepen. Healt - Stres merupakan hal yang sangat banyak sekali di rasakan pada setiap manusia secara sadar maupun tidak sadar ! Dan ternyata stres adalah salah satu pemicu kesehatan kita hlo ! Stres bisa menyerang siapa saja,terkadang kita yang selalu di sibukan dengan pekerjaan yang memberi tuntutan yang begitu berat pada pola fikir kita yang membuat fikiran kita terganggu( stres).

Stres yang berlebihan juga dapat menjadikan diri kita lupa diri ( gila ) yang terus akan berakibat pada kematian dini. Contoh kecil adalah pelajar yang sedang menghadapi  UAN banyak sekali para pelajar di indonesia ini bunuh diri akibat tidak bisa menyelesaikan UAN dengan baik ! Bahkan tak hanya UAN saja di saat kita merasa sayang kepada seseorang yang berlebihan tak jarang pula seseorang mengakhiri hidupnya dengan bunuh diri.

Sungguh miris sekali bangsa ini..
Semoga saja dengan membaca ini kita lebih bisa memahami stres itu apa dan bagaimana cara mengatasi stres itu sendiri.

Stres dengan kadar yang tepat bisa menguntungkan bagi kita..

- Membangun sel-sel otak
         Dipercaya oleh para dokter bahwa di saat stres ( tertekan) daya ingat kita akan meningkat dua kali lipat lebih cepat dalam dua minggu. hormon kortisol dalam tubuh kita mampu memacu diri kita keluar dari situasi kritis.

- Meningkatkan olahraga
          Di masa ini hormon yang memicu adrenalin kita di uji,misalnya di saat kita sedang di kejar anjing maka kita akan berlari lebih cepat.

- Meningkatkan kerjasama
          Dengan fikiran yang sudah terganggu maka kita akan mencari solusi pada teman kantor kita. Sehingga pekerjaan kita selesai dan hubungan dengan teman pun akan menjadi lebih baik

Lalu bagaimana diri kita mampu menahan atau mengelola stres itu sendiri?


Pada dasarnya stres itu tergantung pada diri kita sendiri. Mungkin sebaiknya kita mulai belajar dengan mengubah diri sendiri dulu tentunya dengan berfikir positif akan membuat diri kita lebih tenang. Perlu di perhatikan juga di saat kita sedang banyak fikiran cobalah atur nafas dengan pola 77 yang saya maksud 7 7 adalah tarik nafas dalam-dalam (hitung 7x ) lalu buang dan (hitung 7x) . selain dengan hal itu kita bisa melakukan yoga / yang lainnya tapi kalau saya pribadi lebih suka berdiri terbalik (menempel di dinding ) dengan tumpuan kedua tangan kita. Dengan melakukan hal tersebut otak yang tadinya tegang akan di aliri darah yang dapat menjadikan fikiran kita lebih tenang.


Kalau mungkin saja hal di atas terlalu berat untuk pembaca slepen.blogspot maka anda semua harus coba juga menu
Berikut ini..

1. Avokad " avokad yang memiliki vitamin B sangat tepat bagi kita yang sedang mengalami ketegangan syaraf pada otak kita."

2. Susu " kandungan antioksidan, vitamin B2 ,vitamin B12 ,protein ,dan kalsium yang terdapat pada susu sangat bagus buat syaraf kita. Terutama kandungan laktinum yang mampu menurunkan tekanan darah dan kalium yang mampu meringankan ketegangan otot pada otak yang memicu terjadinya stress."

3. Kacang Almond " kacang almond yang memiliki kandungan vitamin B2 dan vitamin E ini baik dikonsumsi setiap hari guna mengatasi timbulnya stres yang tentunya berdampak buruk bagi diri kita."

4. Jeruk " jeruk yang kaya akan vitamin C ini, dipercaya mampu menurunkan tekanan darah dan mampu menurunkan hormon kortisol ( stres )."

5. Ikan salmon " ikan salmon yang kaya akan kandungan omega 3 ini juga dipercaya mampu menjaga kortisol dan adrenalin yang memicu terjadinya stres ( ketegangan otak )."

6. Bayam " sayuran yang satu ini pun tak kalah mengisi daftar sebagai menu penghilang stres, tentunya dengan kandungan magnesium dan mineral yang terdapat pada bayam ini mampu mengatur kadar kortisol dan memberi perasaan tenang bagi kita saat mengkonsumsi bayam..

Bagaimana sobat slepen ? Jadi sudah tidak perlu khawatir lagi donk pastinya dengan fikiran yang selalu mengganggu hati dan fikiran kita..

" kesehatan adalah modal "
Jangan buat masa tua mu nanti menyesal dengan pola hidup yang kurang sehat..

Tidak ada kata terlambat untuk anda, yang ada sekarang adalah semangat...!!

0 Response to "Menjaga diri agar tidak stres "

Post a Comment